Minggu, 22 November 2009

Apakah Penghuni California adalah Penghuni Tertua Bumi?


Geoweek, Kompas – ILMUWAN telah menemukan, mungkin tanaman terjelek di seluruh Negara Bagian California ─ dan juga yang tertua ─ yang dikelilingi oleh televisi tua da rusak serta kursi-kursi yang dibuang di daerah pembuangan sampah di dekat sebuah jalan raya antarnegara bagian.

Semak-semak creosote yang ditemukan di antara benda-benda rongsokan itu mungkin lebih tua dibandingkan dengan jenis creosote lain yang tumbuh hanya dalam jarak 50 mil (80,4 kilometer), yang umurnya kira-kira 11.700 tahun. Jika semak creosote pertama tadi usianya lebih tua, menurut para ahli tersebut, artinya padang pasir di bagian selatan California itu tidak mengalami perubahan selama ini.

Semak-semak creosote adalah kuno, jauh lebih tua daripada pohon redwood yang berumur ribuan tahun, bahkan jika dibandingkan dengan pinus bristlecone yang berusia 9.000 tahun. Kedua tanaman terakhir ini asli tumbuhan California.

Tumbuhan bermonjol-monjol ini mirip dengan pohon-pohon yang tumbuh bersisian, yaitu pokok pohon tumbuh dekat tanah dan cabang-cabangnya menjulang ke langit. Creosote mengklon diri mereka sendiri, menumbuhkan semak baru dari akar-akar tus sehingga seperti memanjang dalam satu barisan untuk suatu jarak tertentu.

Creosote yang baru ditemukan ini berada barangkali pada lingkungan yang paling keras, menyerap uap air yang sangat sedikit ada di udara, dan menghadapi tiupan angin terus-menerus dari pegunungan dengan kecepatan 100 mil per jam (161 km per jam). Sebuah keajaiban bahwa tanaman itu bertahan hidup, tidak punah. (NYTS)

GW1350 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...