Sabtu, 28 November 2009

Mengapa Elang-elang Gundul Terbang ke Alaska pada Musim Semi?


Geoweek, Kompas – BURUNG elang cenderung menjadi burung soliter. Bukan karena antisosial, mereka sekedar menjaga baik-baik kawasan mereka. Jadi, menemukan tempat di mana ratusan burung elang berkumpul merupakan pekerjaan yang sulit. Nyatanya, tidak juga.

Setia tahun, populasi lokal elang gundul yang dalam keadaan normal jumlah ratusan dan terpencar-pencar di ribuan kilometer persgi di kawasan terisolasi Alsaka meningkat menjadi ribuan ekor saat hewan pemangsa ini terbang ke Daerah Lindung Elang Gundul Chilkat, di dekat Haines, Alaska.

Kawasan lindung dibangun tahun 1982 oleh negara bagian Alaska, melindungi lingkungan yang unik yang menarik elang-elang dari daerah yang jauh-jauh dan dari beragam jenis.

Setiap tahun, sejumlah besar ikan salmon yang terdiri setidaknya dari lima jenis kembali ke empat sungai yang melintasi kawasan lindung itu untuk memijah dan kemudian mati. Pada saat yang sama, kondisi geologi dasar sungai di kawasan itu menyebabkan suhu air sungai bertahan sekitar 20 derajat lebih hangat dibandingkan keadaan normal sehingga sangat tidak membeku.

Dengan begitu banyak makanan dan perairan yang terbuka, kawasan lindung tersebut menjadi surga untuk ribuan elang yang bisa menghabiskan waktu mereka antara bulan Otober sampai Februari tiap tahun di kawasan itu. (NYTNS)

GW1023 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...