Senin, 16 November 2009

Apa yang Terjadi pada Rusa Irlandia?


Geoweek, Kompas – SUDAH sejak lama para penyelidik alam percaya, sebagian besar dari binatang-binatang besar yang tersebar di daratan Eropa pada zaman es terakhir, hilang karena perubahan iklim. Sekarang mereka harus memikirkan ulang kesimpulan itu. Rusa Irlandia (“Megaloceros giganteus”) sangat besar dengan tinggi bahu 7 kaki (2,1 meter) dan memenggul sepasang tanduk yang batangnya mencapai 12 kakai (3,7 meter). Peneliti Inggris memastikan hewan ini masih terus berkembang hingga 5.000 tahun lalu, 3.000 tahun lebih lama daripada yang pernah diperkirakan.

Peneliti lain telah mengambil DNA dari tulang seekor rusa yang diambil dari lumpur dan menetapkan, saudara terdekat secara genetik rusa besar ini adalah rusa fallow, turunan rusa Irlandia yang ukurannya jauh lebih kecil, yang berkembang di daerah di mana pendahulu raksasanya berada.

Penemuan ini penting, tetapi tidak unik. Pada awal 1990-an peneliti menemukan sisa dari mamoth yang beku di sebuah pulau di utara Siberia. Analisis dari penemuan itu memperlihatkan, hewan itu berasal dari 3.600 tahun lalu. Ini berarti binatang yang oleh para ahli diperkirakan punah sejak akhir zaman es, bertahan untuk waktu yang jauh lebih lama. (NYTS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...