Minggu, 01 November 2009

Adakah Godzilla yang Sebenarnya?


Geoweek, Kompas – GODZILLA, dinosaurus pemakan kota, pertma kali dipopulerkan di dalam film khayal buatan Jepang pada tahun 1950-an. Baru-baru ini beberapa paleontolog yang menggali di Argentina menemukan kepala reptil laut yang telah memfosil dan menjuluki fosil itu “Godzilla”. Namanya secara resmi adalah Dakosaurus andiniensis dan makhluk bertampang aneh ini mungkin dulunya adalah predator paling ditakuti di laut.

Dakosaurus memiliki kepala dinosaurus pemakan daging yang melekat pada tubuh sepanjang 13 kaki (4 meter), memiliki bagian tubuh seperti sirip dan ekor seperti sirip dan ekor seperti ikan. Pemakan daging berumur 135 juta tahun ini memakan reptil laut lainnya. Sebagai anggota crocrodyliform, kelompok yang di antaranya termasuk buaya saat ini.

 Dakosaurus sepenuhnya hidup di air, menjadikannya benar-benar monster laut dari periode Jurasik. Tengkorak yang hampir utuh makhluk itu ditemukan di Lembah Neuquen di selatan Argentina. Selama periode Jurasik, daerah itu adalah teluk tropis yang dalam yang akhirnya menjadi Samudra Pasifik. Para peneliti yakin bahwa Dakosaurus menjelajahi semua samudra di dunia.

Kepala Dakosaurus yang besar dan bentuk giginya yang seperti gergaji mirip sepupunya yang di darat, Tyrannosaurus rex. Seperti reptil raksasa lainnya pada “abad dinosaurus”, “Godzilla-godzilla” asli ini mungkin berkembang biak di lautan sampai kepunahan massal dinaosaurus sekitar 65 juta tahun lalu. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...