Sabtu, 31 Oktober 2009

Apakah Beting Tersembunyi Merupakan Bahaya di Antartika?


Geoweek, Kompas – PROYEK ilmu pengetahuan yang bertujuan memberi ruang untuk pengamatan baru bawah air di lepas pantai Semenanjung Antartika telah memberi penggunaan lautan di sana sebuah peta baru kawasan itu, lengkap dengan bahaya-bahaya yang sebelumnya tidak diketahui.

Peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution dan National Science Foundation (NSF) merencanakan untuk menurunkan sebuah stasiun otomatis ke dasar laut di sana pada akhir tahun 2006. Stasiun yang penuh peralatan itu akan dihubungkan memakai kabel serat optik dengan Stasiun Riset Palmer milik NSF di dekat semenanjung. Tetapi, kekhawatiran bahwa sebuah gunung es besar mungkin bergerak ke arah pantai, menggesek dasar laut, dan memutus kabel serat optik menyebabkan dikeluarkannya mandat untuk memetakan dasar laut.

Tabel kelautan yang kini dipakai oleh kapal-kapal yang melayani kawasan itu usianya mungkin sudah lebih dari 50 tahun dan didasarkan pada data yang didapatkan dari pantulan suara di lepas pantai. Data ini amat kurang detail. Di beberapa tempat, peta memperlihatkan titik sejarak 1 mil (1,8 kilometer) jauhnya dari titik bahaya sebenarnya.

Peta baru ini memperlihatkan sekumpulan batuan bawah laut yang sebelumnya tak teridentifikasi, beberapa diantaranya menonjol 300 kaki (100 meter) dari dasar laut dengan puncaknya hanya 20 kaki (6 meter) di bawah permukaan laut. Beting seperti itu dapat berakibat fatal bagi kapal yang sedang sial. (NYTNS)

GW 1417 Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...