Sabtu, 10 Oktober 2009

Di Mana Letak Kurdistan?


Geoweek, Kompas – KURDISTAN yang artinya Taman Orang-orang Kurdi adalah sebuah kawasan pegunungan yang penting secara strategis, meliputi luasan besar Irak, Iran, dan Turki, serta bagian yang lebih kecil ada di Siria dan Armenia. Kawasan ini merupakan tanah air tua tempat tinggal orang-orang Kurdi, masyarakat Muslim non-Arab pengikut Mahzab Sunni yang menggunakan bahasa yang hampir mirip bahasa Persia.

Kawasan tersebut berhubungan dengan kerajaan tua, Gutium, yang dalam catatan tertulis pertama manusia buatan orang Sumeria berasal dari tahun 2.400 SM. Lebih dari 20 juta orang Kurdi tinggal di kawasan Kurdistan, membentuk salah satu kelompok etnis terbesar di sunia tetapi tidak memiliki negara sendiri.

Orang-orang Kurdi dijanjikan mendepatkan kemerdekaan ketika kekaisaran Ottoman dibubarkan melalui Perjanjian Sevres setelah Perang Dunia I. Janji itu belum dipenuhi hingga kini dan negara-negara lain yang dibentuk berdasarkan mandat perjanjian tersebut menjadi terperangkap dalam perjuangan orang-orang Kurdi untuk menyatukan tanah air mereka.

Gejolak dan ketegangan terus terjadi sampai saat ini, terutama di sepanjang perbatasan anatara Turki dan Irak. Faksi-faksi yang saling bersaing di antara orang-orang Kurdi ikut menambah ketidakstabilan kawasan itu. (The New York Times Syndicate)

Copyright © 2008 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...