Senin, 12 Oktober 2009

Apa yang Menyebabkan Banjir Deccan?


Geoweek, Kompas – BAYANGKAN pusat sebuah planet seperti kawah berisi batuan cair mendidih. Jika Anda bisa, Anda akan mulai mengerti teori terbaik yang menjelaskan aliran lava terbesar yang pernah ada di Bumi.

Para ahli geologi menyebut peristiwa itu sebagai banjir Deccan, dan mereka memaksudkan satu masa saat mana hampir semua apa yang sekarang adalah India, tergenang oleh aliran lava yang tebalnya boleh jadi 6.562 kaki (2.000 meter). Sekarang telah mengeras, lava bersifat basalt (berasal dari aktivitas gunung berapi) masih menutupi kawasan seluas hampir 200.000 mil persegi (500.000 kilometer persegi) di bagain barat dan tengah India. Beberapa ilmuwan meyakini bahwa banjir lava itu awalnya mungkin menyelimuti kawasan yang luasnya tiga kali ukuran tersebut.
Para peneliti percaya bahwa batuan yang mencair mungkin telah meletup-letup di bawah permukaan Bumi selama 3,5 juta tahun sebelum mencari jalan melalui retakan Bumi dan menutupi anak benua Asia itu. Belum bisa dicari informasi yang jelas dari pembentkan batuan, apakah letusan penyebab banjir Deccan adalah kejadian seketika atau berlangsung selama berbulan-bulan?.

Namun, satu teori menyarankan sebuah kemungkinan yaitu volume gas sangat besar yang dilepaskan selama letusan mungkin sudah cukup untuk mengubah iklim Bumi dan ikut berperan dalam menyudahi era dinosaurus. (NYTNS)

GW1104 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...