Rabu, 07 Oktober 2009

Apakah Burung Teror Itu?


Geoweek, Kompas – BAYANGKAN seekor burung yang tidak dapat terbang yang tingginya  dua kali manusia, dengan paruh bengkok menakutkan, dan seringai buruk, berlari ke arah Anda dengan kecepatan penuh. Itulah gambaran umum hewan yang terdapat di kawasan Amerika Selatan 2,5 juta tahun lalu.

Itulah burung-burung teror, predator yang posisinya dalam rantai makanan hampir-hampir berada di puncak di kawasan itu selama 62 juta tahun. Di antara berbagai jenis makhluk itu, “Brontornis burmeisteri” adalah yang terbesar tingginya 3 meter dan beratnya mencapai 1.100 pon (500 kg). Burung teror terkecil diperkirakan berukuran sebesar burung elang saat ini.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa kaki kuat burung ini membuat mereka dapat berlari dua kali lebih cepat, setara dengan kecepatan tercepat seekor macan tutul. Ilmuwan-ilmuwan lain meyakini, burung teror ini menggunakan kakinya untuk menendang mangsanya, mematahkan kaki si korban, dan memecah tulang kaki itu sehingga sumsum tulangnya tampak untuk kemudian dimakan. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...