Kamis, 22 Oktober 2009

Di Mana Lagun-lagun Terbesar di Dunia?


Geoweek, Kompas – MENYEBUT lagun, pikiran akan langsung melayang membayangkan sebuah pemadangan indah yang masih asli, teluk-teluk yang tersembunyi, yang terlindung dari amarah ombak dan menawarkan pelabuhan yang aman bagi para pelaut. Namun, jika dalam gambar lagun-lagun itu sangat indah, tidak demikian keadaan sesungguhnya. Kenyataannya, beberapa dari lagun-lagun itu justru menakutkan.

Lagun adalah hamparan air tenang yang terhubung dengan laut, tetapi terlindung dari badai karena adanya tumptkan pasir, batu karang memanjang, atau pulau-pulau. Lagun cenderung mengelilingi batu karang membentuk pulau karang atau memanjang sepanjang garis pantai.

Di antara lagun karang terbesar adalah satu lagun di Kaledonia Baru di selatan Samudra Pasifik yang luasnya 9.266 mil persegi. Lagun ini terlindung dari laut oleg batu karang yang memanjang 994 mil sepanjang pantai itu.

Adapun lagun bukan batu karang yang terbesar adalah Lagoa dos Patos, sebuah lagun dangkal raksasa yang terbentang di sebelah tenggara pantai Brasil. Dengan bentangan sepanjang 150  mil dan luas 4.500 mil persegi, lagun ini dipisahkan dari Samudra Atlantik oleh tumpukan pasir sepanjang 20 mil. (NYTS)

GW1348 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...