Minggu, 25 Oktober 2009

Apakah Beting Benua?


Geoweek, Kompas – BENUA tidak berakhir pada tepian air di pantai, tetapi menjorok sampai sekitar 50 mil (80 kilometer) dari tepi-tepi garis pantai. Perpanjangan di bawah laut itu di sebut “beting benua”, dinamai mengikuti permukannya yang relatif datar dan perairannya yang dangkal.

Sekitar 18.000 tahun lalu, pada zaman es Pleistocene, beting-beting benua berada dipermukaan air. Kemudian beting-beting itu terendam ketika permukaan air laut naik. Beting-beting benua dalamnya sekitar 330-660 kaki (100-200 meter), tetapi dapat sangat bervariasi kedalam dan lebarnya. Sepanjang tepian beting-beting adalah awal lereng benua menurun tajam ke dasar samudra.

Kombinasi perairan yang dangkal, nutrisi dari sedimen, dan sinar matahari yang berlimpah membuat beting-beting benua menjadi tempat persemaian yang subur untuk tumbuhan dan hewan. Hampir 90 persen produksi perikanan dunia berasal dari perairan di beting benua.

Batuan sedimen membentuk dasar beting benua dan menyimpan bahan bakar fosil dalam jumlah sangat besar. Di Amerika Serikat, debat politik yang sedang berlangsung berkisar pada pentingnya ekosistem beting-beting yang “rapuh” versus bersarnya kandungan minyak yang mungkin terkandung di dalamnya.

Ketika sejumlah negara menyadari pentingnya sumber daya yang terdapat di beting benua, hukum pun dibuat untuk memberi hak kontrol atas beting yang berada di wilayah negara bersangkutan. Hukum internasional saat ini memberi hak kepada negara-negara untuk mengelola kawasan ekonomi sejarak 200 mil dari garis batas terluar negara bersangkutan.

Copyright © 2008 The New York Times Syndicate





Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...