Jumat, 25 September 2009

Dinosaurus Apa yang Dinamai Mengikuti Kelompok Band Rock?


Geoweek, Kompas – DENGAN namanya yang bsa membuat lidah keseleo. Masiakasaurus knopfleri, dinosaurus ini tidak dinamai mengikuti nama satu kelompok band, melainkan hanya nama penyanyi merangkap gitarisnya.

Para peneliti di Universitas Utah, Amerika Serikat, menangakui hampir setiap kali mereka mereka memutar satu lagu yang di tulis oleh Mark Knopfler, salah satu pendiri kelompokm band Dire Straits, tim mereka menemukan fosil baru dinaosaurus.

Dinosaurus ini mungkin panjang dari hidung hingga ke ujung ekornya 6 kaki (1,8 meter) dengan bobot 80 pound (36 kg), dan kira-kira seukuran anjing herder. Dia adalah satu dari dua dinosaurus pemakan daging yang diperkirakan menghuni Madagaskar pada Periode Cretaceous akhir, kira-kira 65-70 juta tahun lalu.

Tampilan paling mengejutkan dari fosil makhluk yang baru ditemukan ini adalah gigi depannya. Gigi tengah dan bagian belakang dinaosurus ini bentuknya sama seperti dinosaurus pemakan daging lainnya, tetapi sepertuga bagian depan mulutnya memiliki gigi-gigi yang mengarah ke luar, dengan gigi depan menghadap nyaris lurus ke depan. Para paleontolog menduga gigi berbentuk kerucut ini menjadi senjata yang dipakai untuk menusuk mangsa berukuran kecil. (NYTS)

GW1021 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...