Senin, 07 September 2009

Di Manakah Kota Terbesar di Dunia?


Geoweek, Kompas – SEBATAS lahan terbuka, Kota Davao di Filipina selatan berada pada posisi teratas. Setidaknya kota tersebut dihuni lrbih dari 1 juta jiwa, tetapi membentang seluas 944 mil persegi atau 2.444 kilometer peresgi.

Sebagian besar ahli geografi menggunakan ukuran populasi, bukan luas wilayah, untuk menentukan kota-kota terbesar di dunia. betapapun Mumbai (dulu Bombay), dengan tidak kurang dari 13 juta jiwa adalah kota paling padat di dunia.

Beberapa tahun belakangan, Perserikatan Bangsa-Bangsa bergerak melampaui betas-batas kota dengan menggunakan ukuran “aglomerasi” (pengelompokan) dalam menentukan ukuran sebenarnya sebuah kota. Aglomerasi yang berarti pencampuradukan atau pembauran massa menhitung pusat kota ditambah kawasan pinggiran dan wilayah urban yang berbatasan dengannya, tanpa memedulikan batas-batas administrasi kewilayahan. Dengan sistem ini, Tokyo adalah kota paling padat di dunia, deangan jumlah penduduk 35 juta orang. Aglomerasi Tokyo termasuk Tokyo, Yokohama, dan kawasan Metro Kawasaki.

Aglomerasi atau kota super mulai mengubah dinamika pembagian ekonomi, sosial, dan budaya, serta pemerintahan. Perancis, misalnya, menganut kota super sebagai kesatuan politik, menstrukturisasi pemerintah lokal terspesialisasi yang diperlengkapi untuk menjawab berbagai kebutuhan-kebutuhan khusus pula. Negara-negara lain menolak memberi pertimbangan politik khusus bagi kota-kota super untuk mencegah pemusatan kekuatan besar yang bisa menantang pengaruh negara.

Langkah berikut setelah “aglomerasi” mungkin adalah “megapolis”. Pakar geografi Perancis, Jean Gottmann, menemukan istilah itu untuk menggambarkan sabuk urban dari Boston hingga Washington. Koridor “Bos Wash” kini diperkirakan dihuni tidak kurang dari 44 juta jiwa. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...