Sabtu, 19 September 2009

Berapa Panjang Lidah Bunglon?


Geoweek, Kompas – LIDAH bunglon bisa mencapai tiga perempat panjang tubuh bunglon, tetapi itu bukanlah hal yang paling menakjubkan dari alat mulut hewan ini. Cara bunglon memanipulasi lidahnya bahkan lebih impresif. Tim biologis dibingungkan oleh menghilangnya kadal yang lebih kecil yang tinggal dalam kandang yang sama dengan bunglon, mereka menemukan bahwa bunglon bisa mengubah lidah mereka untuk senjata fungsi ganda, memungkinkan bunglon menangkap korban yang ukurannya hampir sebesar mereka.

Pangkal lidah kadal ini dihubungkan ke mulut dengan tulang hyoid, sementara ujung lidahnya lengket dan tepinya ada otot khusus. Ketika lidah itu dengan cepat menangkap korbannya, ujung lidah itu melengkung membentuk kerucut, membentuk mangkuk pengisap yang bisa melekat ke korbannya dengan kuat.

Kecepatan bunglon menangkap makanannya menakjubkan para peneliti seluruh proses hanya berlangsung satu per dua puluh lima detik, lebih cepat dari kedipan mata manusia. Dan kekuatan sedotan itu sangatlah kuat: Seorang lak-laki yang mencoba melakukan hal yang sama berarti harus mengangkat karung kentang sberat 20 pon (9 kg) dengan lidahnya. (NYTNS/nmp)

GW1013 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...