Minggu, 13 September 2009

Apa yang Membuat Red Bird Reef Unik?


Geoweek, Kompas – RED Bird Reef memiliki semua tanda-tanda gosong karang yang normal. Semua ikan, kepiting, moluska, bunga karang, dan binatang tak bertulang belakang lain tinggal di oasis bawah air yang terletak sekitar 16 mil (sekitar 26 km) lepas pantai Delaware, Amerika Serikat.

Namun, bukan karal yang membuat Red Bird Reef unik, melainkan gerbong-gerbong kereta api bawah airnya. Selama tujuh tahun terakhir, hampir 800 gerbong kereta api dari New York City yang tak lagi terpakai dicemplungkan ke dasar laut yang kosong di kedalaman 80 kaki (24 meter) dari permukaan laut. Dinamai seperti gerbong kereta Redbird yang menciptakannya, gosong karang buatan itu merupakan sukses besar.


Lebih dari 10.000 kali tiap tahun, perjalanan memancing ke Red Bird Reef memungkinkan para pemancing menangkap ikan flounder, sea bass, dan tautog yang berkumpul di sekitar karang. Ikan samudra ukuran besar, seperti tuna dan makerel, juga berkerumun di sekitar karang serta memangsa ikan yang sama.

Negara Bagian Georgia, South Carolina, Virginia dan New Jersey juga menggunakan gerbong kereta api bawah tanah New York untuk membangun karang tiruan di lepas pantai mereka. Pengiriman Redbird dari New York City akan segera berakhir karena negara bagian itu telah merencanakan mulai membangun gosong karang dari gerbong kereta apinya segera setelah US Army Corps of Engineers memperbarui izin karang negara bagian itu.

Copyright © 2008 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...