Sabtu, 01 Agustus 2009

Sungai Apa yang Paling Terancam di Amerika?


Geoweek, Kompas – BERDASARKAN laporan kelompok konservasi sungai-sungai Amerika tahun 2005, Susquehanna merupakan sungai yang paling terancam di Amerika. Sungai ini mengalir di sepanjang New York, Pennsylvania dan Maryland sebelum bermuara di teluk Chesapeake.

Di sepanjang sungai itu, ada 123 sistem saluran air kotor yang sudah tua atau tidak mampu lagi mengolah air kotor yang membuang limbahnya ke Susquehanna. Kenyataannya, begitu banyak air kotor dan tercemar masuk ke dalam sistem perairan Amerika. Volumenya yang mencapai 860 miliar galon (3.255 triliun liter) bisa menutup seluruh Pennsylvania hingga kedalaman mata kaki.

Tingkat polusi tersebut menimbulkan potensi bahaya yang serius terhadap kesehatan manusia dan kehidupan liar dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan serius.

Menggenapi jumlah lima sungai yang paling terancam selain Susquehanna adalah Anak Sungai McCrystal di timur laut New Mexico, Sungai Frase di Colorado Tengah, Sungai Skykomish di Washington dan Anak Sungai Roan di perbatasan Tennessee-California Utara.

Lima sungai lain berikutnya yang terancam adalah Sungai Santee di Carolina Selatan, Sungai Little Miami di Ohio, Sungai Tuolumne di California, Sungai Price di Utah, dan Sungai Santa Clara di California. (NYTNS)

GW1337 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate

 
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...