Selasa, 04 Agustus 2009

Apakah Arus Teluk Melambat?


Geoweek, Kompas – ARUS Teluk adalah arus laut yang membentuk “sungai” raksasa di permukaan Samudra Atlantik. Arus tersebut membawa aliran air hangat yang mengalir ke arah utara sepanjang pantai timur Amerika Serikat menuju kawasan kutub di Greenland. Di bawah arus air hangat tersebut terdapat arus serupa dengan arah sebaliknya membawa air dingin menuju khatulistiwa.

Arus ini adalah sebuah mesin iklim utama yang menghangatkan kawasan Inggris dan sebagian besar Eropa. Tanpa Arus Teluk, iklim di Eropa akan sama dengan iklim di Siberia. Namun, para ilmuwan belakangan menyatakan bahwa kecepatan arus ini mulai melambat secara serius, yang membawa potensi bahaya besar.

Berbagai penelitian menunjukkan Arus Teluk saat ini mengalir dengan kecepatan kurang dari seperempat kecepatannya lima tahun lalu. Selain itu, aliran-aliran air laut superdingin yang membentuk kolom-kolom raksasa yang normalnya mengalir langsung ke dasar laut di sekitar Greenland, saat ini sudah tidak ada lagi.

Salah satu penjelasan menyebutkan, fenomena ini adalah dampak dari pemanasan global. Penipisan es kutub di wilayah Artik telah mengakibatkan energi untuk mesin iklim tersebut melemah.

Terlepas dari apa penyebabnya, para ilmuwan memperingatkan, apabila fenomena ini terus berlanjut, suhu udara rata-rata di sepanjang Kepulauan Inggris dan Eropa Utara akan turun drastis. Hal ini akan menyebabkan perubahan pada musim tanam dan memengaruhi jutaan manusia. (NYTNS)

GW1340 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...