Jumat, 03 Juli 2009

Apakah Tanaman Berbunga Tertua?


Geoweek, KompasARCHAEFRUCTUS sinensis, “buah kuno dari Cina”, sampai saat ini mendapat label sebagai tanaman berbunga pertama di Bumi. Kepingan batuan kapur berisi spesimen yang telah memfosil dari masa 140 juta tahun lalu, yaitu masa Jurasik, menjadi pegangan para ahli. Dengan demikian, temuan ini melampau rekor sebelumnya yang berasal dari masa 25 juta tahun lalu.

Seorang ahli geologi Cina dan seorang ahli paleobotani dari Florida, Amerika Serikat, bekerja sama dalam penemuan itu. Dua tangkai tumbuhan kuno ini, masing-masing panjang sekitar tiga inci (7,62 sentimeter), ditemukan di timur laut Cina sekitar 250 mil (402 kilometer) dari Beijing.

Secara keilmuan, tumbuhan ini adalah tumbuhan berbunga, tetapi bukan dalam pengertian modern. Bunganya tidak memiliki daun bunga, tetapi memiliki semacam putik, polong yang tampak seperti daun di mana biji dibentuk, fakta yang mengarahkan bahwa tumbuhan ini termasuk dalam keluarga tunbuhan berbunga. Ketika ilmuwan menemukan biji yang sesungguhnya dalam bentuk fosil di dalam putik yang kini telah membatu, temuan ini memastikan tersebut.

Kemungkinan besar tumbuhan itu tumbuh seperti teratai masa kini, tumbuh di perairan dangkal dengan bunga dan bagian yang berisi biji berada di permukaan air. Tumbuhan berbunga lain mungkin saja telah ada sebelum Asinensis demikian para ilmuwan, tetapi saat ini dialah yang tertua. (NYTNS)

GW1106 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...