Sabtu, 04 Juli 2009

Apa yang Terjadi dengan Es di Semenanjung Antartika?


Geoweek, Kompas – BEBERAPA bagian tertentu dari lapisan es di Antartika tampaknya telah menyusul total. Demikian hasil studi ahli gletser Inggris dan Amerika. Mereka percaya fenomena di bagian bawah dunia itu mengikuti penyusutan lapisan es bawah dunia itu mengikuti penyusutan lapisan es seperti yang terjadi di seluruh dunia.

Para ilmuwan bersama pakar dari British Antartic Survey dan US Geological Survey membandingkan foto-foto yang diambil dari lokasi tersebut pada tahunh 1940 dengan foto mutakhir secara citra satelit. Mereka secara khusus mengamati batas-batas  sungai es (gletser) yang mengalir dari Semenanjung Antartika.

Dalam perkiraan awal yang komprehensif tentang perubahan sungai es di bagian benua tersebut, disebutkan hampir 90 persen dari 244 gletser menunjukkan tanda-tanda jelas terjadinya penyusutan. Efek perubahan tersebut belakangan dikaitkan dengan pemanasan global.

Gambar-gambar dari tahun 1940 tersebut menunjukkan saat itu dua dari tiga gletser meninggi atau tumbuh. Bahkan, gletser yang menyusut pada era 1940-an kini berkurang sampai sekitar 5,5 kali lebih cepat daripada sebelumnya.

Suhu di sepanjang Semenanjung Antartika menghangat sampai 2 derajat celsius dalam setengah abad terakhir atau hampir empat kali kenaikkan rata-rata di seluruh Planet Bumi.

GW1333 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...