Senin, 22 Juni 2009

Di Manakah Hutan Nasional Terbesar di AS?


Geoweek, Kompas – EMPAT kali lebih luas dibandingkan pesaingnya, Hutan Nasional Tongass di panati barat Alaska adalah kawasan lindung untuk keajaiban alam yang luar biasa luas. Dengan luas 6,8 juta hektar, kawasn liar ini lebih besar dibandingkan negara bagian Virginia Barat atau Kalimantan.

Tongass membentang sejauh 804 km sepanjang kepulauan Alaska, menyediakan daerah perlindungan termasuk di dalamnya hutan hujan serta puncak-puncak gunung es. Curah hujan di Tongass diukur bukan dengan inci, tetapi dengan kaki, yaitu 8-13 kaki (2,4-3,9 meter), tergantung dari tempat.

Hutan-hutannya selalu lebat. Penduduk pertama kawasan ini adalah masyarakat asli Tlinglit, tidak mengenal kata kelaparan di dalam bahasa mereka, karena begitu berlimpahnya binatang buruan.

Meskipun demikian, Tongass tidak bisa melepaskan diri dari kebutuhan masyarakat masa kini. Selama bertahun-tahun, kayu yang ditebang dari hutan tua menjadi komoditas ekspor kawasan ini. Pemerintah masa Clinton melarang penebangan kayu dan pembangunan jalan di sana, tetapi pemerintah Bush, enggan menerapkan aturan itu. Saat ini, deposit mineral di sana menjadi godaan yang lebih menggiurkan dibandingkan kayu. (NYTNS/nmp)

GW950 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...