Jumat, 19 Juni 2009

Di Mana Anda Dapat Menemukan Katak “Pac Man”?


Geoweek, Kompas – KATAK bertanduk dari Amazon sangat suka makan. Mereka akan makan hampir semua yang lewat di hadapan mereka di dasar hutan-hujan Cekung Amazon. Katak-katak ini dilaporkan telah menyerang penduduk desa, menggigit orang dengan rahangnya yang lebar dan giginya yang tajam. Untuk melindungi kaki dan jari mereka, penduduk desa-desa di sana menggunakan sepatu bot berkulit khusus.

Sifat yang agresif dan kegemaran makan menyebabkan katak bertanduk mendapat julukan katak “Pac Man”. Pemakan bulat yang besar dan lebar, panjangnya sekitar 8 inci (20 sentimeter) itu dapat mengisi satu piring kecil.

Mereka berburu mangsa dengan cara menyergap, menggerakkan tubuh mereka di dalam tanah lembut dan guguran dedaunan di dasar hutan. Hanya mata dan tanduk samaran mereka yang mirip tangkai yang terlihat dari permukaan tanah. Mereka menyergap dari balik samaran itu, mulut terbuka, untuk menyambar mangsa yang tak sadar akan bahaya, lalu menelan utuh-utuh serangga, laba-laba, katak lain, ular, kadal, dan mamalia kecil merupakan makanan utama katak ini. Namun, mereka kadang-kadang pelahap yang ambisius, kadang-kadang ditemukan katak Pac Man yang mati dengan mangsa yang terlalu besar menyangkut di tenggorokan mereka.

Copyright © 2008 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...