Rabu, 10 Juni 2009

Apakah Ada Piramida Kuno di Bosnia?


Geoweek, Kompas – BUKIT runcing yang terletak sekitar 30 kilometer barat laut Kota Sarajevo memicu perhatian banyak ilmuwan. Mereka menduga bukit itu sebenarnya adalah piramida purba Eropa. Pasalnya, bukit setinggi lebih kurang 212 meter ini memiliki empat sisi yang sebangun dengan sudut  kemiringan 45 derajat, yang ujung-ujungnya menunjuk ke arah utara, selatan, timur dan barat.

Para ilmuwan dari seluruh dunia mencoba menyusuri bukit yang terletak di dekat kota Visoko tersebut. Penggalian awal menemukan batu berbentuk persegi yang dari bentuknya diduga dibuat oleh manusia. Batu berukuran besar itu disuga menjadi fondasi piramida bersisi-sisi licin itu. Beberapa terowongan yang ditemukan mungkin menghubungkan piramida
 Itu dengan dua piramid berukuran lebih kecil di lembah di dekatnya.

Seandainya dugaan ini benar, sejarah akan menambahkan Bosnia, setelah Amerika Selatan dan Mesir, sebagai tempat ditemukannya piramida. Piramida Bosnia berbentuk persis sama seperti piramida di Mesir, kecuali bagian puncaknya yang datar, sama seperti piramida di Amerika Selatan.

Ukurannya lebih kurang sepertiga lebih tiggi dibandingkan denganpiramida di Giza yang hingga kini dikenal sebagai piramida terbesar di dunia. Spekulasi tentang asal muasal bukit kecil Bosnia itu ada berbagai versi. Ada yang mengatakan piramida itu dibangun kaum Illyrian yang merupakan nenek moyang bangsa Albania, lebih kurang 12.000 tahun lalu. Ada juga yang membantahnya dengan mengatakan tidak ada peradaban yang cukup canggih di daerah itu untuk membangun sebuah piramida. Kalangan ilmuwan lain bahkan mengatakan, bentuk piramida tersebut hanya bukit biasa hasil gejala alam. Penggalian dirancang berlangsung selama musim panas 2006. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...