Minggu, 07 Juni 2009

Apa yang Membunuh Hiu Atlantik?


Geoweek, Kompas – BILA Anda adalah seekor hiu, Laut Atlantik Utara bukan tempat yang terlalu aman untuk tinggal. Itulah inti sebuah penelitian mengenai populasi hiu di bagian utara Bumi, dan situasi itu tidak menunjukkan perbaikan.

Sekelompok ilmuwan membaca buku catatan para nelayan yang sudah lama menangkap ikan di laut bagian utara Atlantik terus-menerus antara tahun 1986 samapi tahun 2000. buku itu menjelaskan berapa banyak dan jenis hiu apa saja yang tertangkap jaring mereka, padahal yang mereka cari adalah ikan tuna dan ikan pedang.

Jumlah hiu yang terbunuh menggentarkan. Terdapat penurunan 89 persen jumlah hiu kepala martil yang tertangkap, 60 persen hiu biru, 65 persen hiu macan dan 79 persen hiu putih besar yang tertangkap selama periode tersebut.

Para peneliti memperkirakan ─ kecuali hiu mako ─ populasi semua jenis hiu menyusut hingga separuhnya dalam masa 15 tahun. Hiu-hiu besar hanya memiliki beberapa anak setiap tahun dan butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi dewasa secara seksual, yang semakin mempersulit hiu ini meningkatkan jumlah populasi mereka. (NYTNS)

GW1335 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...