Kamis, 07 Mei 2009

Di Manakah Cagar Alam Laut Terbesar?


Geoweek, Kompas – PADA 15 Juni 2006, serangkaian karang dan atol di barat laut Hawaii ditetapkan Presiden George W Bush sebagai monumen nasional terbaru Amerika Serikat. Dengan penetapan itu, Northwestern Hawaiian Islands Marine National Monument menjadi cagar alam laut terbesar di dunia. Monumen ini lebih besar daripada pemegang rekor sebelumnya, Taman Nasional Karang Penghalang Besar di Australia.

Tindakan yang didukung pencinta lingkungan dan dipertanyakan pelaku industri kelautan itu, lebih dari 140.000 mil persegi (362.000 kilometer persegi) laut yang masih belum tercemar dan makhluk hidupnya amat beragam iru segera mendapat perlindungan lingkungan tingkat tertinggi. Semua penangkapan ikan secara komersial secara bertahap akan dihentikan dalam lima tahun ke depan, dan para pengunjung harus mendapat izin bila ingin menyelam atau ber-snorkel di cagar alam itu. Eksplorasi minyak, gas, dan mineral dilarang permanen.

Cagar alam itu akan melindungi lebih dari 7.000 jenis makhluk hidup, termasuk binatang yang terancam punah seperti kura-kura hijau dan anjing laut endemik Hawaii. Sekitar seperempat jumlah makhluk hidup termasuk endemik Kepulauan Barat Laut Hawaii.

Kawasan ini pertama kali ditetapkan sebagai cagar alam pada tahun 1909 oleh Presiden Roosevelt. Monumen alam ini akan dikelola bersama oleh Negara Bagian Hawaii, Fish and Wildlife Service dan National Oceanic and Atmospheric Administration. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...