Jumat, 08 Mei 2009

Apakah Gelombang Badai dan Pasang Badai?


Geoweek, Kompas – KETIKA mendengar akan datangnya hujan badai di laut, ketakutan utama kebanyakan orang adalah kerusakan yang disebabkan oleh angin yang kecepatannya sering kali melebihi 150 km per jam. Namun, sembilan dari 10 kematian karena hujan badai disebabkan bukan oleh angin, melainkan oleh gelombang badai masif yang membanjiri permukiman di sepanjang pantai. Angin mungkin saja bertiup sangat kencang, tetapi gelombang badai adalah pembunuh.

Pada bagian inti, atau mata, tiap hujan badai adalah area yang tekanan udaranya sangat rendah, dibandngkan daerah di sekelilingnya. Daerah bertekanan rendah itu bertindak sebagai ruang vakum, menyedot kolom air laut setinggi puluhan meter dan lebarnya beberapa kilometer, ke pusat badai.
Di atas perairan yang dalam, kolom air itu bisa menyusut pada bagian tepi-tepinya. Tetapi, di perairan yang dangkal kolom air itu mengguyur permukiman tepi pantai dengan hasil yang bisa sangat mengerikan. Gelombang badai pada beberapa badai laut belakangan ini telah menaikkan per,ukaan laut sampai setinggi 25 kaki (7,6 meter).

Namun, ketika gelombang badai menghantam pantai pada saat bersamaan dengan gelombang pasang yang datang setiap hari, hasilnya yang berupa “pasang badai”, meningkatkan dampak merusak luar biasa, menambahkan kenaikkan pasang ke gelombang itu sendiri. (NYTNS)

GW1130 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...