Rabu, 20 Mei 2009

Apakah Ohio Memiliki Kecoa Raksasa?


Geoweek, Kompas – MESKIPUN negara bagian ini sekarang mungkin menjadi tuan rumah bagi serangga berukuran sedang, namun serangga-serangga itu tidak dapat menandingi sebuah fosil kecoa berukuran 3,5 inci (8,89 sentimeter) yang hidup di sana sekitar 300 juta tahun lalu. Serangga, yang memfosil di dalam batu itu, ditemukan pada sebuah tambang batu bara di Ohio, diperkirakan telah ada 55 juta tahun sebelum munculnya dinosaurus.

Kecoa tersebut, Arthropleura pustulatus, memiliki ukuran tubuh sekitar dua kali lipat lebih besar dibandingkan keturunannya pada zaman sekarang dan merupakan salah satu temuan fosil terutuh di dunia. Pada fosil tampak dengan jelas pembuluh darah di bagian sayap, bagian-bagian mulutnya, kaki-kaki, sulur antena, bahkan benjolan-benjolan pada tubuh kecoa.

Selain kecoa raksasa, para peneliti juga menemikan fosil contoh tanaman yang masih dalam kondisi sempurna. Fosil ini berbeda karena tampak sebagai tiga dimensi, sedangkan sebagian besar fosil yang biasanya berupa fosil dua dimensi.

Para peneliti juga menemukan fosil seekor makhluk mirip kaki seribu dengan panjang lebih lebih dari lima kaki (1,52 sentimeter). Unsur-unsur kimia di lokasi penemuan, yang kimia di lokasi penemuan yang dinamai sebagai “7-11 Mine) sesuai dengan nama dua jalan di dekatnya, amat menguntungkan, kata para peneliti. Hal ini mungkin menjadi latar belakang kenapa fosil-fosil itu sangat utuh dan terjaga kondisinya. (NYTNS)

By Bill Pitzer and Earle Holland





Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...