Sabtu, 23 Mei 2009

Apakah Gunung Laut?


Geoweek, Kompas – DI dasar samudera berdiri tegak gunung-gunung yang tingginya mengalahkan gunung tertinggi di darat. Itulah gunung laut, atau gunung berapi bawah laut. Pemetaan berskala besar pada dasar laut yang dimulai pada Tahun Geofisik Internasional, tahun 1957-1958 memperlihatkan luasnya bentuk geologis itu.

Delapan pulau di Hawaii, misalnya, sebenarnya merupakan gunung laut yang muncul ke permukaan laut. Berada di Lempeng Samudra Pasifik, pulau-pulau itu merupakan bagian paling timur dari rantai pegunungan yang memanjang hingga 1.000 mil ke barat. Pulau-pulau di Hawaii bergerak kearah barat dengan kecepatan empat inci per tahun.

Gunung laut berapi terbentuk ketika lempeng-lempeng tektonik melewati bagian tipis ─ disebut titik panas ─ di kerak Bumi.

Kawasan itu bukannya kawasan mati, ilmuwan menemukan bahwa gunung laut yang puncaknya jauh berada di bawah permukaan laut dapat menjadi oasis untuk kehidupan laut, menyediakan lingkungan yang unik untuk atusan jenis makhluk hidup, serta menjadi kawasan prima untuk pemancingan komersial. Gunung laut juga kadang-kadang terjal dan kerap longsor, menyebabkan gelombang laut yang besar atau tsunami. (NYTS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...