Minggu, 10 Mei 2009

Negara Bagian Mana yang Punya Pohon Juara Terbanyak?


Geoweek, Kompas – ORANG-orang Amerika memberi julukan pohon-pohon besar alias Sang Juara. Sebagian besar dari pohon-pohon ukuran raksasa ini tumbuh besar saat Columbus menjejakkan kakinya di Dunia Baru Amerika, tahun 1492. para ahli botani menganggap pohon-pohon ini sebagai “artefak suci” yang amat berharga, sisa-sisa yang masih bertahan setelah manusia memanen hutan secara besar-besaran dengan dalih membuka ruang demi kemajuan.

Pada beberapa kasus, pohon-pohon juara ini adalah yang terbesar di lingkungannya. Pada kasus lain, mereka adalah yang tertua di antara jenisnya.

Bagaimanapun, kemampuan untuk bertahan hidup selama ratusan tahun itu menunjukkan ada keunggulan di dalam gen mereka, yang bila ditransplantasikan ke jenis-jenis lain dapat meningkatkan kemampuan bertahan hidup hutan-hutan Amerika yang semakin menyusut.

Program Pohon Juara dimulai 60 tahun lalu sebagai bagian dari proyek milik hutan-hutan Amerika. Kelompok konservasi nasional, yang beranggotakan para pakar yang merasa khawatir karena terlalu banyak hutan-hutan tua di negara itu yang punah. Saat ini, hanya tersisa tiga persen saja hutan tua.

Berdasarkan program tersebut, tercatat lima negara bagian yang menonjol dalam usaha mempertahankan raksasa-raksasa ini. Negara bagian Florida memimpin dengan 170 pohon, California 94 pohon, Texas 72 pohon, Arizona 69 pohon, dan Virginia di urutan kelima dengan 56 pohon. (NYTNS/m05)

GW953 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...