Kamis, 30 April 2009

Di Manakah Letak Menara Setan?


Geoweek, Kompas – KEBANYAKAN orang melacak ketenaran nama Devil’s Tower (Menara Setan) dari perannya yang sangat penting sebagai lokasi film Close Encounters of the Third Kind (1977). Lebih penting lagi, Menara Setan terkenal sebagai monumen nasional yang pertama ditunjuk di Amerika Serikat.

Asal-usul keunikan geologis ini, berlokasi 27 mil (43,5 km) di barat laut Sudance, Wyoming, telah membingungkan para ilmuwan dan orang-orang yang sekedar ingin tahu sejak ditemukannya oleh orang kulit putih pada pertengahan tahun 1800-an. Ekspedisi Survei Geologi Amerika pada tahun 1875 ke kawasan itu memberikan gambaran detil yang pertama tentang batuan itu.

Kebanyakan para peneliti sepakat bahwa monolit yang terbentuk sekitar 65 juta tahun lalu ketika magma cair memenbus batuan sedimen . setelah melalui ribuan tahun, erosi perlahan-lahan menggerus sedimen yang berada di sekitarnya (A), meninggalkan menara itu sebagai penjaga yang kesepian (B), berdiri setinggi 867 kaki (264 m) diatas dataran terdekat.

Pada tahun 1906 Presiden Theodore Roosevelt mengambil manfaat dengan disetujuinya undang-undang Federal Antiquities Act dan menetapkan Menara Setan sebagai monumen nasional yang pertama. Hampir setengah juta pengunjung mendatangi lokasi ini setiap tahun untuk mengagumi keajaiban alam ini. (NYTNS/nmp)

GW947 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...