Sabtu, 30 April 2011

Di Manakah Letak Kekaisaran Austro-Hongaria?


Geoweek, Kompas – DUA monarki yang memrintah Kekaisaran Austro-Hongaria selama setengah abad mengatur salah satu pusat kekuatan sangat besar di Eropa pada abad ke-19. kekaisaran itu dibentuk tahun 1867 setelah Austria dikalahkan oleh Prussia dalam Perang Tujuh Minggu tahun sebelumnya.

Mencari dukungan untuk posisi politik Austria yang rapuh setelah peran tersebut. Franz Joseph Kaisar Austria dan Raja Hongaria, berkompromi dengan kebangsawanan Magyar dari Hongaria.


Kompromi itu menghasilkan Kekaisaran Austria-Hongaria yang menyatukan 50 juta orang di bawah pemerintah Franz Joseph, serta menyatukan kekuatan militer, kebijakan luar negeri dan sistem keuangan Austria dan Hongaria mempertahankan parlemen yang terpisah yang mengatur kelompok etnis dan kebangsaan lain dalam kekasisaran itu.

Meliputi luasan 741.491 mil2 (675.000 km2) kekaisaran terdiri dari apa yang sekarang menjadi Austria, republik Ceko, Hongaria dan Slowakia, serta sebagian dari Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Italia, Montenegro, Polandia, Rumania, Serbia dan Slovenia.

Austro-Hongaria berselisih dengan Rusia dan Serbia semasa pecahnya Kekaisaran Ottoman pada awal 1900-an. Pada 28 Juni 1914, Archduke Francis Ferdinand, pewaris Kekaisaran Austro-Hongaria dibunuh oleh orang Serbia di Sarajevo, Bosnia.

Setahun kemudian, didukung oleh Jerman Austro-Hongaria mengumumkan perang pada Serbia. Konflik itu meluas menjadi Perang Dunia I dengan memicu aliansi dan perjanjian tumpang tindih di antara berbagai kekuatan Eropa. Pada akhir perang, sebagian besar negara-negara anggota Austro-Hongaria menjadi negara-negara merdeka menyebabkan akhir dari kekaisaran itu.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...