Rabu, 05 Januari 2011

Di Manakah Jembatan Alam Terbesar di Dunia?


Geoweek, Kompas – KELIHATANNYA tidak bisa dipercaya bahwa jembatan alam terbesar di dunia mungkin saja merupakan temuan baru-baru ini saja, tetapi itulah kenyatannya. Pertama kali terlihat tahun 1909 oleh para pejelajah di selatan negara bagian Utah, jembatan itu dijadikan monumen nasional oleh Presiden Amerika Serikat William Howard Taft pada tahun berikutnya.

Dijuluki Jembatan Pelangi, bentangan jembatan itu berupa batuan alam yang lengkugannya setinggi 290 kaki (88 meter) dan membentang 275 kaki (84 meter). Pada bagian puncak batuan ini setebal 42 kaki (13 meter) dan lebarnya 33 kaki (10 meter). Jembatan ini terbentuk selama jutaan tahun ketika Sungai Bridge mengukir jalannya melalui batuan pasir yang lembut dan akhirnya menuju ke Danau Powell tidak jauh dari situ.


Monumen itu dikunjungi sekitar 300.000 orang setiap tahunnya. Pemandangan menakjubkan, tetapi petugas taman nasional meminta pengunjung tidak naik hingga ke pangkal jembatan ataupun berjalan di bawahnya keran hal itu dianggap sebagai pelanggaran oleh suku-suku Indian yang memandang suci tempat itu. Suku Navajo, Hopi, San Juan Southern Paiute, White Mesa Ute, dan suku-suku bangsa lain semuannya mengkalim memiliki hubungan dengan jembatan itu.

Jembatan itu berlokasi di dekat kawasan rekreasi nasional Lembah Glen. (NYTNS)

GW1250 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...