Senin, 15 November 2010

Siapa Pelontar Batu Terbaik?


Geoweek, Kompas – MENURUT The Guiness Book of World Records, seorang warga Texas bernama Jerdone Coleman McGhee mendapat gelar itu pada tahun 1992 ketika dia melepar batu menyeberangi permukaan Sungai Blanco dan membuat batu itu melompat 38 kali di atas air sebelum tenggelam. Kejadian ini menarik minat tim ilmuwan dan mahasiswa fisika dari Perancis yang ingin tahu bagaimana McGhee melaukannya.

Solusi fisika Christophe Clanet bertumbuh dari pertanyaan anak laki-lakinya yang berusia delapan tahun saat mereka berdua mencoba melaontarkan batu dipermukaam sungai.

Clanet membuat satu set persamaan kompleks untuk menghitung dengan tepat kombinasi kecepatan, sudut dan putaran obyek yang dilemparkan. Setelah persamaan tersebut dipublikasikan di sebuah jurnal fisika terkenal, Clanet meyakinkan mahasiswanya untuk mebuat sebuah mesin untuk menguji persamaan teori itu.

Alat itu melemparkan piringan aluminium kecil di permukaan kolam air yang dalamnya 6,5 kaki (2 meter). Persoalan kunci, mereka menemukan bahwa piringan tersebut, atau batu, dalm hal ini, membuat lontaran terbaik ketikan menyentuh permukaan air dengan sudut 20 derajat. Lemparan yang membuat sudut 45 derajat membuat batu itu tenggelam.

Dari percobaan tersebut mereka menetapkan bahwa batu yang di lempar McGhee melayang dengan kecepatan 25 mil per jam (40 km per jam), berputar 14 kali per detik dan membentuk sudut 20 derajat dengan permukaan air untuk membuat lemparan itu membuat rekor. (NYTNS)

GW1219 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...