Rabu, 20 Oktober 2010

Dapatkan Ikan Lele Raksasa Sungai Mekong Diselamatkan?


Geoweek, Kompas – PARA ahli lingkungan hidup berharap penangkapan seekor ikan lele raksasa dari sungai Mekong sebagai kembalinya spesies yang terancam ini.

Penduduk desa menangkap ikan lele, ikan air tawar terbesar, di Sungai Mun, salah satu anak sungai Mekong. Penangkapan ini merupakan penangkapan pertama sejak diselesaikannya pembangunan Bendungan Pak Mun tahun 1994.

Ikan lele raksasa benar-benar ikan monster. Seekor ikan lele dewasadapat mencapai panjang tiga meter (9,8 kaki) dan beratnya mencapai 300 kilogram (661 pon).

Para ahli tahu, ikan lele raksasa ini hidup di hilir Sungai Mekong dan akan naik ke hulu untuk bertelur. Para ahli khawatir pembangunan bendungan dengan sistem hidroelektronik ini akan menghentikan migrasi tahunan ikan lele raksasa dan menyebabkan punahnya makhluk ini.

Walau begitu, penangkapan terakhir terjadi di bagian hulu bendungan, yakni tujuh bulan setelah pemerintah setuju membuka pintu air bendungan sebagai jalan menuju tempat yang lebih tinggi.

Tahun 2003, para peneliti memberikan albel pada selusin ikan raksasa dan melepaskan mereka di hilir bendungan. Mereka berharap nelayan di bendungan itu akan menangkap salah satu dari ikan-ikan tersebut untuk membuktikan bahwa makhluk itu masih bertelur seperti dulu. (NYTS/ARN)

GW1121 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...