Minggu, 01 Agustus 2010

Apakah Raja Arthur Benar-benar Ada?


Geofacts, Kompas - DI dunia Barat, sejumlah legenda begitu memuja Raja Arthur dan para kesatria Meja Bundar-nya. Tetapi seberapa jauh kebenaran itu telah membingungkan para ahli selama berabad-abad. Kini ada penemuan di Pantai Cornwall (Inggris), yang membuat para arkeolog dan sejarawan bertanya-tanya apakah ini jawabannya?

Peneliti dari Universitas Glasgow menemukan sebuah meja bundar terbuat dari batu, ketika mereka tengah melakukan penggalian di sebuah kastil kuno di Tintagel. Di situ tertera guratan berbunyi Pater coliavificit Artognov, yang jika diterjemahkan berbunyi “Arthnou, ayah dari keturunan Coll, telah memiliki bangunan ini”. Batu itu, seperti srbuah prasasti menjelaskan siapa pemilik kastil tersebut.


Kemiripan antara Arthnou dan Arthur dirasa cukup dekat, sehingga sejumlah ahli menganggapnya ini merupakan bukti bahwa tempat itu adalah rumah Raja Arthur yang amat terkenal. Arthnou dikenal sebagai panglima yang amat kuat dan telah berlaga di lebih dari selusin pertempuran melawan musuh yang masuk di abad 12. Artefak yang terdapat di kastil itu juga menunjukan bahwa itu merupakan tempat dari kaum bangsawan tersebut.

Akan tetapi, apakah benar ini Arthur yang ada di dalam legenda-legenda? Ini masih tetap sebuah misteri. (NYTNS/fit).


GF751 Copyright © 1999 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...