Selasa, 22 Juni 2010

Apakah “Extremophile”?


Geoweek, Kompas – MAKHLUK paling tangguh di dunia hewan tidak selalu yang paling besar. Pada kenyataannya mereka adalah yang paling kecil. Tinggal di tempat-tempat yang ilmu pengetahuan sejak lama mengira sebagai tempat paling sulit untuk adanya kehidupan, mikroba tertentu telah menciptakan relung kehidupan dengan risiko amat kecil akan terusir. Mereka adalah extremophlie.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1970-an, organisme ini mengejutkan para peneliti karena lingkungan tempat hidup mereka yang tidak biasa. Beberapa hidup di bibir lubang cerobong kawah gunung berapi bawah laut, tempat lava cair meleleh. Yang lainnya hidup di dasar laut dalam, di mana suhu air mendekati beku dan tekana air begitu besar di atasnya. Sementara itu yang lainnya berada jauh di dalam bebatuan paling kering di Antartika, atau di aliran lava tua yang mengalir sejauh enam kilometer di bawah Washington.

Ilmuwan angkasa luar dengan segera melihat tempat-tempat tersebut sebagai wakil dari sejenis lingkungan yang terdapat di planet-planet yang jauh dari Bumi. Extremophile yang berada jaih di dasar laut mungkin mewakili bentuk kehidupan di planet Jupiter atau Saturnus, dam extremophile mungkin memiliki “sepupu” yang tinggal di permukaan Mars yang kering.

Namun, hal yang paling menarik minat para peneliti adalah kemungkinan bahwa melalui pemahaman susunan genetik mikroba-mikroba ini, mereka mungkin bisa merekayasa ulang tanaman atau hewan lain untuk bisa hidup di lingkungan yang lebih keras. Hal ini mungkin mengurangi atau bahkan menghilangkan sama sekali kelaparan di berbagai belahan Bumi. (NYTNS)

GW1343 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...