Senin, 01 Maret 2010

Bagaimana Ilmuwan memantau Cuaca Lepas Pantai?


Geoweek, Kompas – SELAMA beberapa tahun terakhir ilmuwan dan pejabat Pemerintah Amertika Serikat bekerja sama untuk menciptakan South-East Coastal Ocean Observing System (SEACOOS). Kerjasama ini menggabungkan teknologi mutakhir dengan tumpukan data pantai untuk membuat gambaran waktu sesungguhnya apa yang terjadi ─ dalam hal cuaca ─ di sepanjang pantai Amerika Serikat.

Sistem ini memfokuskan diri pada berbagai kondisi lautan pada setiap waktu di lepas pantai Florida, Georgia, South Carolina dan North Carolina. Sistem ini menjadi salah satu dari semakin banyaknya program yang membuka data milik pemerintah ke ruang publik.

Dengan menggunakan informasi sistem ini, yang dapat diakses melalui internet, para pemilik kapal yang tinggal jauh dari pantai dapat mengetahui apakah kondisi laut layak untuk berlayar tanpa perlu pergi ke pantai untuk memeriksa sendiri keadaan cuaca. Para nelayan dapat mengakses data mengenai kondisi terbaik untuk menangkap ikan, dan ahli erosi pantai memiliki alat terbaru guna memperlambat kehilangan pantai-pantai yang dapat digunakan memperlambat kehilangan pantai-pantai yang dapat digunakan untuk rekreasi.

Keberhasilan sistem ini sebagian disebabkan oleh peralatan elektronik yang diletakkan di dasar laut lepas pantai yang dalamnya 1.500 kaki (457 meter). Peralatan-peralatan ini mengirim suara gelombang laut melalui kolom air ke permukaan sehingga menghasilkan tinggi ombak arus laut dan data berharga lainnya. (NYTNS)

GW1325 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...