Rabu, 10 Maret 2010

Apakah itu “Devil’s Postpile”?


Geoweek, Kompas – KETIKA pertama kali terbentuk 890.000 tahun lalu, batuan leleh yang akan menjadi salah satu monumen nasional yang paling tidak biasa masih tersembunyi dari pandangan. Menekan ke atas melalui rekahan Bumi dari kolam magma di perut Bumi, lava tersebut tidak pernah menembus permukaan Bumi. Ketika mendingin dan terjadi kontraksi, batuan itu membelah menjadi formasi-formasi vertikal berukuran besar yang mirip seperti susunan batu bertumpuk.

Erosi akhirnya memeparkan bagian atas batu bentuk itu. Lalu, 100.000 tahun lalu, sungai es sangat besar mengalir melalui lembah yang sekarang disebut sebagai Inyo National Forest di Pegunungan Sierra Nevada, California, dan mengupas bagian pucuk-pucuk aliran magma, sehingga hasil akhirnya tampak seperti daun meja.

Ahli geologi menyebut bentukan-bentukan ini sebagai basalt berbentuk tiang. Membentuk kolom aneh dengan banyak sudut dan seperti pensil dengan tiap-tiap tiang kolam ini garis tengahnya kurang dari dua kaki (0,6 meter) dan setinggi 60 kaki (18,2 meter), batuan ini menghadap ke arah Devil’s Postpile National Monumen, kelihatannya seperti siap untuk meluncur ke lantai lembah di bawahnya. Formasi-formasi batuan basalt berbentuk tiang bisa ditemukan disepanjang Snake River di Idaho, di Yellowstone National Park, dan Devil’s Tower, Wyoming. (NYTNS)

GF1039 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...