Rabu, 17 Maret 2010

Apa yang Terjadi pada “Ikan Piala” Key West?


Geoweek, Kompas – JIKA saja Ernest Heminhway menulis cerita “The Old Man and the Sea” saat itu, kemungkinan besar kisah itu tidak akan terasa semagis saat ini. Jenis ikan yang diburu untuk mendapat piala karena ukuran tubuhnya ikan piala yang menjadi fokus novela itu tidak lagi terdapat di perairan Key West, Florida, AS.

Penelitian terakhir oleh peneliti di Scripps Institute of Oceanography mendokumentasikan penurunan tajam populasi ikan piala di karang koral yang membuat kawasan perairan Florida surga olahraga memancing.

Penelitian ini adalah contoh tentang munculnya bidang ekologi sejarah kelautan. Penelitian ini mengandalkan foto-foto tua dalam koleksi yang ditemukan di Monroe County Library di Key West, membandingkan dengan foto-foto ikan piala yang diambil 50 tahun lalu dengan foto-foto dari hasil tangkapan saat ini.

Rata-rata panjang ikan piala yang ditangkap di Key West anjlok dari sekitar 6,5 kaki (2 meter) pada tahun 1950-an menjadi sekitar 1 kaki (34 cm) saat ini. Bobot ikan juga turun, dari rata-rata 44 pon (20 kg) menjadi hanya 5 poin (2,3 kg).

Para peneliti meyakini tidak adanya ikan hiu, gropuer, dan ikan karang besar lain ikut menyumbang pada merosotnya ekosistem karang koral. Ironisnya, bisnis olahraga memancing tetap semarak meskipun terjadi penurunan ukuran ikan piala sebuah ketidahterhubungan yang menutupi keadaan memprihatinkan yang terjadi terhadap karang koral.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...