Kamis, 18 Maret 2010

Apakah Beruang Kutub Menuju Kepunahan?


Geoweek, Kompas – PARA ahli lingkungan mencemaskan bahwa dalam waktu seratus tahun lagi beruang kutub mungkin akan menjadi mamalia berikut yang menghadapi kepunahan. Penyebabnya, menurut mereka adalah pemanasan global. Dan banyak yang khawatir bahwa akan terlambat mencegah kepunahan makhluk berukuran besar ini.

Selama lebih dari 10 tahun para peneliti dari Universitas Alberta, Kanada, telah meneliti bagaimana beruang kutub menghadapi perubahan lingkungannya. Mereka khawatir kenaikan temperatur di daerah kutub akan mengurangi jumlah es di laut dan juga menghancurkan sarang beruang kutub yang terkubur di lapisan bawah es.

Beruang kutub adalah pemakan daging terbesar di daratan, kadang-kadang tinggi tubuh mereka bisa mencapai 8,5 kaki (2,6 meter) dan berbobot lebih dari 900 pon (498 kg). mereka menjelajahi es laut untuk mencari anjing laut, pakan utama mereka. Hewan berukuran besar ini bisa menjelajahi es di atas laut sampai sejauh 180 mil (290 km) dari daratan ketika mencari mangsa.

Namun, kenaikan suhu dikawasan tersebut menipiskan es di laut dalam luasan yang besar dan bahkan mencairkan es di lapisan dalam di mana beruang menggali sarang mereka. Bila keadaan ini berlanjut, beruang kutub mungkin akan punah dalam waktu 100 tahun. (NYTNS)

GW1110 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...