Jumat, 16 Oktober 2009

Di Mana Dapat Ditemukan Kupu-kupu Minerva?


Geoweek, Kompas – JENIS baru kupu-kupu burung hantu minerva, telah ditemukan di Padang Pasir Sonora di utara Meksiko. Dengan bentang sayap 10 sentimeter yang dihiasi bulatan-bulatan seperti mata ukuran besar, kupu-kupu berwarna seperti karat ini mendapat nama buruk pada akhir 2007 ketika hak untuk menamainya dilelang melalui internet.

Setelah serangga itu ditemukan oleh peneliti dari University of Florida yang sedang memeriksa jenis-jenis serangga dari Meksiko dalam koleksi Florida Museum of Natural History, hak penamaan serangga baru itu dimenangkan oleh pemenang yang tak mau disebutkan namanya senilai 40.800 dollar AS.

Nama ilmiah kupu-kupu itu, Opsiphanes blythekitzmillerae, adalah penghormatan kepada mendiang Margery Minerva Kizmiller yang lahir di Milvern, Ohia, tahun 1883. hak penamaan itu dibeli atas nama lima cucu perempuan itu.

Keberhasilan lelang itu, yang diyakini sebagai yang pertama terjadi si Amerika Utara, telah mendorong universitas untuk melakukan lelang-lelang lain dalam penamaan kupu-kupu. Hasil lelang itu akan menambah dana riset dan penelitian lapangan pada jenis kupu-kupu Meksiko.

Padang Pasir Sonora adalah salah satu kawasan di Amerika Utara yang paling terancam keberlangsungannya dan paling kurang dipahami ekologinya. Minerva adalah jenis kupu-kupu burung hantu baru pertama yang dinamai dalam seabad terakhir. (New York Times Syndicate)

Copyright © 2008 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...