Minggu, 19 Juli 2009

Apa yang Begitu Istimewa dengan Pulau Fraser?


Geoweek, Kompas – HANYA di utara Teluk Tin Can dan di seberang Selat Great Sandy di pantai timur Australia, terletak Pulau Fraser, pulau kurus yang memanjang sejarak 124 mil (200 km) yang memiliki keunikan sebagai pulau pasir terbesar di dunia. Terbentuk setelah abad es terakhir, Pulau Fraser diakui sebagai taman nasional Australia dan kawasan Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-bangsa.

Pulau ini diandaikan mendapatkan namanya dari korban kapal tenggelam yang diselamatkan oleh orang-orang Aborigin yang menghuni pulau itu selama ribuan tahun. Sumber-sumber lain mengatakan nama itu berasal dari istri kapten kapal yang menyelamatkan diri dari epnduduk asli yang membunuh suaminya.

Entah mana yang benar, keterkenalan pulau ini saat ini datang dari kombinasi aneh jabitat yang mengisi pulau itu. Selain gunung-gunung pasir besar yang menyusun pulau itu, terdapat hutan hujan tropis, jurang dan lebih dari 200 danau air tawar mengisi relung-relung pulau itu.

Pulau Fraser menjadi kawasan menyepi yang populer untuk ribuan orang Australia yang membawa kendaraan rodsa empat dari daratan Australia dengan menggunakan kapal feri dan menjelajahi pulau itu. Pulau ini juga memiliki kawasan artefak aborigin yang telah memikat para ilmuwan selama berpuluh-puluh tahun. (NYTNS/NMP)

GW1004 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...