Selasa, 07 April 2009

Fenomena Pelangi Terbalik

ADA Pelangi terbalik? Wow.. kayaknya hal ini benar-benar langka. Tapi ada orang-orang yang bisa menyaksikannya. Fenomena alam ini dinikmati oleh penduduk Cambridge di Inggris. Seorang astronom Jacqueline Mitton berhasil mengabadikan fenomena ini, dia mengkatakan terbaliknya lengkung pelangi maupun susunan warnanya disebabkan tingginya Kristal es yang terdapat di lapisan atmosfer. Cahaya yang diterima kristal es tadi direfleksikan lagi ke langit, sedangkan pada pelangi normal terbentuk akibat sinar matahari yang menembus titik-titik air di angkasa. Di angkasa, pendaran cahaya tadi lantas terurai menjadi spektrum warna-warni. Diakui Mitton, bahwa hal ini sungguh sangat mengejutkan bisa terjadi di Cambridge, karna hal ini lebih banyak terjadi di area yang lebih dingin seperti di kutub.

Warna pelangi terbalik itu tidak terlalu berbeda dengan pelangi biasa. Di bagian horizon berwarna merah. Lantas berpendar menjadi kuning dan hijau. Di bagian ujung berwarna biru. Dan menurut Simon, suami Mitton, warna pelangi yang terbalik itu lebih cerah disbanding pelangi biasanya, sebab bentuk kurvanya langsung menunjuk matahari. Selain di Inggris, di China tepatnya di kota Laiyang, fenomena ini juga terjadi.. dan ditambah tiga buah matahari sekaligus..

Beruntung banget ya bisa liat kayak gini ya ….

Sumber : http://www.elmosphere.com/

>> Ilmu pengetahuan adalah sumber kekuatan.

1 komentar:

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...