Jumat, 03 April 2009

Di Manakah Angsa Raksasa Pernah Hidup?


Geoweek, Kompas – LIMA belas juta tahun lalu daerah gurun pasir Australia bukanlah daerah gurun, tetapi sebuah padang rumput subur, hutan yang luas, dan air berlimpah-limpah. Sekitar 30.000 tahun lalu keadaan lingkungan berubah drastis menjadi gurun seperti hari ini dan dalam proses itu menghilangkan juga burung yang mungkin merupakan burung terbesar yang pernah hidup di muka Bumi.

Ilmuwan baru-baru ini menemukan sisa-sisa burung angsa raksasa yang telah memfosil. Burung ini begitu besar, beratnya diperkirakan mencapai 1.100 pon (500 kilogram). Penemuan di tempat yang berjarak 95 mil (150 kilometer) timur laut Kota Alice Springs, dibagian tengah Australia menghasilkan juga apa yang diyakini para ilmuwan merupakan tulang-belulang dua jenis angsa yang berukuran lebih kecil yang masing-masing berbobot 330 pon (150 kg) dan 440 pon (200 kg).
Angsa raksasa yang dinamai Dromornis stirtoni diduga tidak bisa terbang, seperti juga burung onta dan emu. Para peneliti berpendapat angsa raksasa ini bisa berlari cepat dan mungkin juga sangat galak. Angsa modern, seperti kita tahu, sangat gigih mempertahankan teritorial mereka.

Yang masih belum jelas adalah apakah burung-burung raksasa ini karnivora atau bukan. Fosil tengkorak mereka memperlihatkan paruh berukuran sangat besar dan rahang yang kuat. (NYTNS)

GW1128 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...