Jumat, 24 April 2009

Berapa Jumlah Bendungan di Sungai Columbia?


Geoweek, Kompas – JUMLAH persisnya sangat tergantung dari bagaimana Anda menghitungnya. Beberapa sumber menyebut angka 11 buah, yang lain 14 buah di Sungai Columbia saja. Tetapi, tambahankan dengan 250 buah atau lebih jika Anda menghitung juga 10 anak sungai utama. Secara keseluruhan, sistem perairan sungai yang luar biasa besar ini menyediakan listrik tenaga air lebih besar dibandingkan bagian lain Amerika.

Dari hilirnya di Pegunungan Rocky di Kanada, Sungai Columbia berkelok-kelok di beberapa tempat dan bertangga-tangga pada bagian yang lain, sepanjang 1.234 mil (2.000 kilometer) sebelum tumpah ke Samudera Pasifik. Sistem ini meliputi luasan 259.000 mil persegi (670.807 kilometer persegi) di Provinsi Alberta, Kanada dan tujuh negara bagian di Amerika Serikat (AS) yaitu Idaho, Montana, Nevada, Oregon, Utah, Washington, dan Wyoming.

Bendungan yang pertama dibangun di Sungai Columbia, yaitu Bendungan Rock Island, selesai dibuat pada tahun 1932, tetapi dalam satu dekade berikutnya dua bendungan Bonneville dan Bendungan Grand Coulee menghasilkan cukup banyak listrik sehingga bisa memasok hampir seluruh kebutuhan Kota Portland, Oregon.

Selain menghasilkan listrik, bendungan-bendungan di Sungai Columbia dan anak-anak sungainya menyediakan air irigasi di tanah-tanah yang bila tidak ada sistem sungai ini adalah berupa tanah gundul. Para pencinta lingkungan tentu saja menyesali hilangnya jenis-jenis makhluk hidup yang sebelumnya banyak terdapat di sepanjang sungai yang belum dijamah. (NYTNS)

GF1042 Copyright © 2002 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...