Kamis, 23 April 2009

Apa yang Mengepung Benteng Masada?


Geoweek, Kompas – HANYA sedikit situs di dunia yang dapat lebih menyimbolkan perjuangan orang-orang Israel dibandingkan dengan benteng kuno Masada. Di sana pada tahun 72 M, legion Roma mengepung setidaknya 900 pengikut setia Yahudi yang bersimpul akibat kerusuhan yang pecah di seluruh kawasan.

Benteng itu berada di puncak plato yang menghadap Laut Mati. Dinding dan tembok plato yang terjal membuat daerah itu menjadi kawasan yang sulit di tembus dan para pengikut setia itu menahan tentara Roma selama berbulan-bulan sampai tentara Roma membuat jalan landai menuju dinding benteng sehingga memungkinkan mereka menembus  pertahanan orang Yahudi.


Menurut legenda, tentara Roma yang tiba di Masada mendapati ratusan orang yang bertahan di benteng itu memilih bunuh diri daripada menyerahkan diri.

Kini Masadah menghadapi penyerang baru. Curah hujan yang amat tinggi menghantam reruntuhan kuno ini pada musim dingin 2004, meghanyutkan struktur dari tanah dan melemahkan reruntuhan berusia 1.000 tahun ini. Ilmuwan mengatakan, curah hujan musim dingin 2004 itu setara dengan hujan bertahun-tahun, tetapi menghantam dalam waktu hanya satu jam. Kni para arkeolog memperingatkan bahwa alam mungkin menghancurkan benteng itu.

Pemerintah Israel telah meminta bantuan para ahli dari seluruh dunia untuk menyumbangkan pengetahuan mereka merestorasi situs yang terancam itu. Biaya restorasi dapat menghabiskan jutaan dollar Amerika Serikat, tetapi pekerjaan itu harus dilakukan atau Masada akhirmya akan runtuh. (NYTS)

GW1351 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...