Sabtu, 21 Februari 2009

Bisakah Kolera Dicegah dengan Cara Mudah?


Geoweek, Kompas – KOLERA jarang terjadi di negara maju, tetapi di negara-negara berkembang penyakit ini masih menjadi pembunuh yang ditakuti. Di negara miskin seperti Bangladesh, menurut pejabat kesehatan pemerintah, tiap tahun setidaknya satu juta orang meninggal karena kolera.

Itu sebabnya penemuan oleh peneliti Rita Colwell, Direktur Yayasan Sains National Amerika, dan rekan-rekan sejawatnya menjadi sangat penting. Mereka menetapkan bahwa saringan sederhana terbuat dari kain sari bisa memangkas angka kejadian kolera sampai separuhnya, sesuatu yang lebih baik dan lebih murah dibandingkan saringan modern yang terbuat dari nilon.
Tim riset Colwell memilih 65 desa di Bangladesh untuk percobaan yang melibatkan 130.000 penduduk. Di 13 desa penduduknya dibiarkan mengambil air langsung dari aliran sungai di dekat desa mereka. Sedangkan penduduk di 25 desa lainnya di beri saringan terbuat dari bahan nilon untuk membersihkan air yang mereka ambil, sementara penduduk di 27 desa lainnya menggunakan lembaran kain sari yang dilipat delapan kali sebagai saringan.

Ketika peneliti selesai, hanya separuh orang-orang desa yang menggunakan penyaring dari kain sari yang terkena kolera dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan saringan. Sementara pengguna saringan dari nilon seperempat labih banyak yang menderita kolera dibandingkan yang menggunakan saringan dari kain sari. (NYTNS)

GW1114 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...