Rabu, 04 Mei 2011

Apakah Ikan Mandarin?


Geoweek, Kompas – SANGAT populer diantara penggemar ikan akuarium air laut, ikan mandarin barangkali merupakan ikan dengan warna paling kaya dibandingkan ikan-ikan akuarium lainnya. Dengan seluruh tubuh ditutupi percikan warna hijau, biru dan merah, ikan kecil ini membuat akuarium yang diisi karang laut tampak cerah.

Dan, inilah persoalan utama: dikarenakan keindahan warnanya, mereka dipanen dari karang-karang di selatan Samudera Pasifik dalam jumlah yang mencemaskan. Mereka tahan hidup di dalam tangkapan dan memakan hampir apa saja, yang menjadi daya tarik tambahan mereka. Mereka boleh saja menarik bagi manusia, namun ikan mandarin kurang menarik bagi para pemangsa di laut, terutama karena lapisan berlendir yang menutupi tubuh mereka yang berbau dab terasa tidak enak untuk para penyerang dan memiliki efek antibiotik untuk mikroba.

Biasanya para kolektor menangkapi ikan-ikan berukuran besar berukuran 1-2 inci (2,5-5 cm) untumk dipelihara. Sayangnya, pada ikan mandarin, ukuran menjadi penentu. Ikan jantan yang berukuran lebih besar berkemungkinan lebih besar juga untuk lebih berhasil dalam mencari pasangan. Ikan yang berukuran lebih kecil harus berjuang untuk menarik perhatian ikan betina, bahkan bila pesaing yang berukuran besar tidak ada di sekitar situ. Dengan demikian, kegagalan dalam perkawinan dapat menyusutkan jumlah ikan madarain di alam bebas. Mudahnya ikan mandarin beradaptasi pada kehisupan akuarium merupakan daya tarik ikan ini. Meskipun demikian, mudahnya mereka beradaptasi tidak menjamin mereka bisa bartahan hidup bila mereka tidak diurus dengan baik. (NYTNS)

GW1141 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

2 komentar:

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...