Senin, 23 Maret 2009

Warna Pelangi Bukan 7!

TAHUKAH anda berapa jumlah warna di pelangi? Ya mungkin sebagian besar akan menjawab 7. Sama seperti yang anda dapatkan ketika berada di bangku Sekolah Dasar. Teori itu bersumber pada Sir Isaac Newton, yang juga pencetus teori grativitasi. Di Indonesia disingkat dengan MeJiKuHiBiNiU (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu), sedangkan dalam bahasa Inggris disingkat menjadi ROY G BIV (Red, Orange, Yellow, Green, Blue, Indigo and Violet).

Tapi taukah anda bahwa masyarakat di berbagai negara memiliki jawaban yang berbeda-beda.

Orang China akan mengatakan bahwa ada 5 warna pelangi, sedangkan orang Amerika mengatakan 6 warna, Russia 7 warna. Lalu Inggris 7 warna, karena mengikuti teori Newton. Newton menambahkan satu warna yaitu Nila sehingga warna pelangi genap menjadi 7. Ini karena pengaruh ajaran Agamanya.

Mengapa ditambah satu menjadi 7?
Karena 6 lebih menyimbolkan setan. Dalam sumber lain menyebutkan ada keterkaitan dengan filosof Yunani yang menghubungkan antara warna dengan not musik, dan hari dalam satu minggu.

Beberapa sumber sekarang menghapuskan nila, karena mata manusia tidak sensitif terhadap frekuensi warna nila dan bahkan orang yang berpenglihatan baik tidak dapat membedakan warna nila dari biru dan ungu.

Sumber : id.wikipedia.org

>> Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum.Jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...