Minggu, 01 Maret 2009

Di Manakah Terletak Tabung Waktu Alamiah Terbesar?


Geoweek, Kompas – DI sebuah lokasi paling terpencil di dunia ─ di dekat kutub geomagnetik selatan dan di pusat Kutub Es Antartika Timur ─ terdapat sebuah danau air tawar seluas Danau Ontario di Amerika Utara di bawah lapisan es. Para ilmuwan dari berbagai belahan bumi sepakat bahwa danau yang dinamai Danau Vostok ini sangat terkenal, tetapi mereka masih berselisih mengenai mengapa danau itu unik.

Danau itu adalah sebuah “tabung waktu” yang mengawetkan berbagai mikroba yang pertama kali terkubur di sana setengah juta tahun lalu, atau memang tidak ada kehidupan apapun di sana sehingga menjadi satu-satunya perairan di Bumi yang benar-benar tanpa kehidupan. Bila yang disebut belakangan yang benar, danau itu mungkin dapat mewakili model di Bumi tentang lautan beku yang menutupi Eropa, salah satu bulan terbesar di planet Jupiter.

Konsorsium ilmuwan internasional mencemaskan rencana Rusia untuk memperpanjang kerja dua dekade pengeboran lubang ke danau yang terkubur tersebut pada tahun 2006 dan 2007. Menurut sejumlah ilmuwan, bila hal itu dilakukan, akan mengakibatkan Danau Vostok tercemar dan tidak mungkin dikembalikan lagi seperti semula. Sebagai ganti, mereka mengusulkan pengeboran dengan lubang yang sepenuhnya baru menggunakan robot yang mampu menutup jejak di belakangnya sehingga dapat menghindari pencemaran. (NYTNS)

GW1312 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...