Sabtu, 14 Februari 2009

Di Manakah Bendungan Tertinggi di Dunia?


Geoweek, Kompas – SUNGAI Vakhash di Tajikistan memiliki dua bendungan tertinggi di dunia. yang pertama bernama Bendungan Rogun, memiliki ketinggian 1.099 kaki (335 meter) dan berada di puncak daftar bendungan-bendungan tertinggi di dunia. Bendungan tersebut dibangun guna menyediakan penampungan air untuk irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Bendungan kedua bernama Bendungan Nurek, yang berada di bawah Bendungan Rogun dengan ketinggian bengunan mencapai 984 kaki (300 meter). Nurek adalah bendungan tertinggi kedua di Planet Bumi setelah Rogun.

Begitu besarnya kedua bendungan ini dan saking besarnya volume air yang bisa di tampung membuat para pakar khawatir bahwa berat air yang ditampung bisa meningkatkan aktivitas gempa bumi di daerah sekitarnya. Tiga bendungan besar lainnya yang masuk dalam daftar lima besar bendungan tertinggi di dunia adalah Bendungan Grande Dixence di Swiss setinggi 935 kaki (285 meter), Bendungan Inguri di Georgia setinggi 892 kaki (272 meter), dan Bendungan Vaiont di Italia setinggi 859 kaki (262 meter). Selain lima bendungan itu, bendungan-bendungan besar lain di Meksio, India, Swiss dan Kolombia turut melengkapi daftar 10 Bendungan Tertinggi di Dunia.

Bendungan Oroville di negara bagian California setinggi 770 kaki (235 meter), adalah bendungan tertinggi di Amerika Serikat (AS), tetapi hanya masuk urutan ke-16 dalam daftar Bendungan Tertinggi di Dunia. (NYTNS)

GW1303 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...