Selasa, 03 Mei 2011

Di Manakah Pertemuan Terpedo?


Geoweek, Kompas – DALAM waktu enam bulan dalam tahun 1942, setelah serangan Jepang terhadap armada laut Amerika di Perl Harbor, Hawaii. Angkatan Laut Jerman mengirim sebuah armada kecil kapal selam-kapal selam untuk menghentikan arus kapal barang Amerika yang melintas Samudera Atlantik. Sukses yang dicapai U-boat menimbulkan keheranan orang-orang Inggris.

Selama paruh pertama tahun tersebut, kapal selam-kapal selam Jerman mampu menenggelamkan hampir 400 kapal barang yang membawa pasukan untuk mendukung perang di Eropa. Kawasan di sepanjang laut Samudera Atlantik begian Amerika Serikat menjadi daerah serangan Operation Paukenschlag (Pukulan Genderang) Jerman dan dikenal dengan julukan Pertemuan Terpedo.

Keberhasilan Jerman dalam menyerang kapal-kapal pengangkut barang berasal dari Inggris selama dua tahun dan dari kegagalan angkatan perang Amerika menyadari bahaya ancaman U-boat. Di dalam tragedi komedi kesalahan-kesalahan yang menyebabkan ribuan pelaut mati tersebut, kota-kota di sepanjang tepi pantai menolak memadamkan lampu-lampu mereka sehingga menyebabkan kapal-kapal dagang itu menjadi sasaran empuk terpedo karena siluet yang nyata di balik nyala lampu kota.

Angkatan Laut Amerika dan kapal-kapal Penjaga Pantai awalnya berada dalam posisi terdesak, dan patroli udara yang seharusnya ,mengawasi kapal selam milik Jerman di tugaskan ke tempat lain. Selama tujuh bulan lamanya, Angkatan Laut Jerman menguasai dasar laut pantai timur Amerika sebelum menarik diri ke kawasan tengah Atlantik ketika serangan balik Amerika mulai membaik. (NYTNS)

GW1134 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...